BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Teknologi informasi dan komputer pada awal abad ke-21
ini telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Teknologi ini pada
prinsipnya adalah untuk melayani kebutuhan informasi secara tepat waktu (fast),
tepat guna (accurate), dan tepat sasaran (relevant). Informasi
memenuhi kebutuhan tepat waktu jika dapat tersedia pada saat dibutuhkan,
sehingga memerlukan kecepatan proses. Kebutuhan tepat guna akan terpenuhi jika informasi
yang dihasilkan benar sehingga mendukung pengambilan keputusan yang benar.
Sementara penggunaan informasi tersebut baru dapat dirasakan manfaatnya jika
diberikan kepada orang yang tepat dan benar-benar memerlukannya, sehingga
informasi juga harus relevan terhadap penggunanya.
B. RUMUSAN MASALAH
1.
Apakah pengertian komputer dan
bagian-bagiannya ?
2.
Bagaimana cara kerja komputer ?
C. TUJUAN PENULISAN
1.
Untuk mengetahui pengertian komputer dan
bagian-bagiannya.
2.
Untuk mengetahui cara kerja komputer.
3.
Untuk melengkapi tugas produktif.
BAB
II
KOMPUTER
A. PENGERTIAN
KOMPUTER
Komputer adalah alat
yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Kata komputer
semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan
atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin
itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan
dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas
yang tidak berhubungan dengan matematika.
B. FUNGSI KOMPUTER
Komputer
memiliki banyak fungsi yang diantaranya sebagai berikut :
1. Komputer sebagai sarana mempermudah kerja
Banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan
mudah, bila dahulu orang mengetik harus
mesin ketik dan bila da kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan
diketik ulang kembali, selain itu dengan mesin ketik dokumen yang telah diketik
tidak dapat diedit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat
mengetik, mengedit, dan menyimpantersebut untuk dapat diedit berulang-ulang.
2. Komputer sebagai sarana komunikasi
Zaman
dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita
dapat menggunakan fasilitas teepon, tapi itu kita hanya mendengar suara teman
atau saudara kita . dengan komputer kita dapat :
a.
Sambil bicara kita dapat menlihat mereka dengan
menggunakan webcam,
b.
Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (chatting),
c.
Juga dapat menulis surat kepada mereka (email),
d.
Kita dapat mengirimkan gambar kepada mereka, dan
lain-lain.
3. Komputer sebagai alat hiburan
Dahulu alat
hiburan kita hanyalah, radio tape, TV, dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi
dan situasi dari suatu wilayah. Dengan komputer kita dapat meghibur diri kita dapat
menhibr diri kita dengan berrbagai fasilitas yang terdapat pada komputer
diantaranya :
a.
Mendengar lagu-lagu atau musik melaui, PC, CD/DVD atau
melalui internet
b.
Menonton video/film lewat PC, CD/DVD, atau melalui
internet
c.
Bermain game dengan aplikasi game yang kita instal
sendiri atau game online
d.
Nonton saluran TV, dari saluran receiver yang kita
pasang pada komputeratau melaui TV channel online dengan internet.
4. Sebagai sarana pendidikan
Menggunakan
komputer yang terhubung dengan internet ataupun tidak, kita dapat memperoleh
pendidikan dan ilmu pengetahuan, diantaranya :
a.
Dari aplikasi yang kita install. Setiap aplikasi yang kita
instal pasti ada menu bantuannya (help)
yaitu tutorial cara menggunakan program dan latihan.
b.
Aplikasi yang kita instal dapat membuat kita menjadi
ahli dalam bebrapa bidang seperti
1)
adobe
photoshop, dengan aplikasi ini kita bisa enjadi seorang yang mahir bidang grafis.
2)
Power point ; dengan
aplikasi ini kita dapat menjadi seorang yag mahir dalam di bidang persentasi.
3)
Autocad ; dengan
aplikas ini kita dapat menjadi seorang yang ahli di bidang desain arsitektur.
c.
Selain aplikasi yang kita instal, bila kita terhubung
dengan internet kita dapat memperoleh ilmu pengetahuan seperti senjarah,
kebudayaan, matematika, sosial, biologi, kedokteran, atau kesehatan, ekonomi,
politik, website design, bahasa (segala bahasa dapat diperoleh), pengetahuan
agama dan lain-lain.
5. Komputer Sebagai Sarana Usaha
Selain
untuk komunikasi, Mempermudah pekerjaan, serta alat hiburan, komputer juga
dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan
penghasilan bagi kita antara lain : membuat rental Komputer, membuat warnet, usaha
percetakan, usaha Video Editing, usaha
Ringtone dan wallpaper ke Hp, usaha Sablon, Service dan Install Komputer Software, usaha Disain Arsitektur,
Membuka usaha disain Grafis untuk periklanan Membuka Usaha disain Website Membuka usaha programer
akounting dan keuangan, usaha Kursus Komputer, Jasa Website sebagai media
Informasi Mengarang dan, buku Online yang dapat di jual .
6. Komputer Sebagai Sarana Kontrol
Dibeberapa
pabrik, Perhotelan, dan perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai sarana
untuk mengontrol atau mengoperasikan system seperti : mengontrol kamera
security, mengontrol pengoperasian mesin Robot pabrik Mengontrol Escalator,
Pengontorlan pencahayaan untuk lampu Studio rekaman, Pengontrolan peralatan
Editing Video Pengontrolan tata lampu traffic
jalan Pengontrolan system jaringan Network7.
Tapi
dari segala hal-hal yang positip yang dapat diperoleh dari komputer, banyak
sisi negatif yang di timbulkan oleh pengguna komputer antara lain :
a.
Dengan adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan
seperti chating dan game, orang
banyak yang terlena sehingga mereka lupa terhadap tugas dan tanggung jawab mereka,
seperti belajar, bekerja dan lain-lain.
b.
Dengan mengakses situs-situs yang menampilkan gambar
serta video porno dapat merusak akhlak seseorang.
c.
Banyak terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara
mudah.
d.
Programer yang terkenal dengan sebutan Hacker, yang dapat mengambil data
seseorang untuk diperjual belikan, serta dapat merusak system orang.
Tapi kesemuanya itu baik dan buruknya fungsi komputer
tergantung kepada si pemakainya.
BAB III
BAGIAN-BAGIAN
KOMPUTER
Analog dengan manusia,
komputer juga mempunyai bagian-bagaian yang mempunyai fungsi berbeda-beda.
Susunan letak dan hubungan antar bagian-bagian hingga membentuk tubuh komputer
disebut sebagai arsitektur komputer. Atau dengan kata lain arsitektur komputer merupakan
pengorganisasian bagian-bagain fungsional sebuah komputer. Seperti manusia, komputer juga akan sulit di jalankan
apabila salah satu dari bagian-bagiannya
tidak ada.
A. CPU (central process ing unit)
Komponen-komponen
yag sangat berpengaruh dalam kinerja komputer ada dalam kelompok hardware proses, atau dalam istilah
komputer disebut dengan istilah CPU. Pada bagian ini dilakukan semua koordinasi
pengaturan, baik itu input ataupun output sehinngga terbentuklah sebuah
sistem komputer.
Pada CPU terdapat komponen-komponen dengan fungsinya masing-masing,
antara lain motherboard sebagai papan
utama komponen lainnya; process or
sebagai pengatur utama; RAM sebagai memori acak data; hard disk sebagai media penyimpanan; VGA card sebagai pengatur video; dan mas
banyak lainnya. Secarah utuh, sebuah CPU merupakan komponen yang satu
kesatuan dalam suatu wadah yang disebut casing. Apabila ada komponen yang
seharusnya ada di dalam casing , tap
penggunaannya di luar, maka koponen tersebut disebut dengan media external.
1.
Motherboard/Mainboard
Motherboard atau dalam bahasa indonesia
adalah papan induk merupakan media dasar dari berbagai komponen CPU komputer. Motherboard merupakan papan sirkuit yang
dipasang berbagai komponen, diantaranya : Slot, process or, RAM, VGA card, sound
card, chipset, BIOS, jumper, heatcink,
dan lain-lain.
a. RAM (Random
Access memory)
Memory atau dalam istilah RAM (random acces memory) adalah jenis media
penyimpanan komputer yang dapat diakses secara acak. Artinya, urutan memory yang disimpan dapat dilakukan
secara acak dan tidak beraturan , seperti halnya disk. RAM juga difungsikan
sebagai memory utama (main memory) untuk menampilkan dan
memanipulasi data saat komputer pertama dinyalakan, dan akan terhapus bila
komputer mati.
Jenis-jenis RAM secara umum ada dua type, yaitu SD-RAM (synchronus data) dan DDR-RAM (double
data rate). Kapasitas RAM juga bermacam-macam seiring dengan perkembangan
teknologi. Generasi pertama RAM berkapasitas antara 4 MB, 8MB, 16MB, dan 32B
kemudian berkembang lagi sampai sekarang 64MB, 128MB, 256MB, 512MB, 512MB, 1GB,
sampai dengan 2GB besar kapasitas RAM identik dengan kecepatan akses komputer,
semakin besar kapasitas RAM maka semakin
cepat pula akses komputer.
b. ROM (Read Only
Memory)
ROM adalah suatu hardware
berupa memori yang hanya dapat dibaca. Pada ROM kita tidak dapat mengisi atau
menulisi data sewaktu-waktu seperti pada RAM walaupun keduanya sama-sama dapat
diakses secara acak. Memori jenis ini memang lebih lambat, tapi data pada ROM
tidak akan hilang walaupun komputer dalam keadaan mati/off karena ROM dapat
menyimpan data tanpa membutuhkan daya listrik.
c.
Chipset
Kebanyakan komputer desktop dikawal oleh beberapa keping silikon yang terdapat di atas
papan induk. “Specification Application
Specific Integrated Circuit” atau SASIC atau dikenal sebagai chipset. Chipset merupakan rangkaian elektronik yang kecil, di dalamnya
dijejali dengan banyak transistor. Chipset
juga menentukan jenis memori yang boleh digunakan oleh papan induk, kelajuan
penghantaran data di antara “hard drive” dan juga sistem serta mengawal
semua peranti-peranti yang terdapat pada slot-slot pengembangan ( expansion slots ). Pada umumnya
fungsi-fungsi utama yang dikawal oleh chipset
adalah kesesuaian sistem (compatibility),
keluasan ( expandability) dan juga
memori.
Chipset
memiliki beberapa fungsi, misalnya :
1) Chip
ROM untuk menyimpan BIOS.
2) Chipset
secara normal terdiri dari dua northbridge dan southbridge
3) Chipset
juga berfungsi menjembatani aliran data dan mengatur serta mengontrol beberapa
komponen utama dan tambahan di motherboard.
Pada
motherboard terdapat 2 jenis chipset yang bisa dibilang berfungsi
sebagai panglima tertinggi pada sebuah system motherboard. Namun saat ini, terdapat banyak motherboard yang menggunakan chipset
yang berbeda-beda. Jenis chipset yang
akan digunakan pada motherboard ditentukan
beberapa hal, antara lain :
1) Tipe
process or yang bisa digunakan
2) Jenis
memori yang mendukung system PC dan kapasitas maksimumnya
3) Kelengkapan
I/O yang mampu disediakan
4) Tipe
display adapter yang bisa digunakan
5) Lebar
data pada motherboarad yang bisa didukung
6) Ketersedian
fitur-fitur tambahan (misalnya LAN, sound
card, atau modem onboard).
Chipset terbagi atas 2 jenis yaitu :
1) Chipset
Northbridge
Chipset
ini merupakan litar “bus controller” yang utama seperti memori,
cache dan “PCI Controller”. Ia mungkin mempunyai lebih daripada satu “discrete
cip”. Seluruh chipset dinamakan
dengan nomor-nomor primary ataupun cip north
bridge yang terbesar. Sebagai contoh
: “FW82439HX” menandakan PCI set Intel 430HX.
2) Chipset
Southbridge
Chipset
ini merujuk kepada peripheral dan controller
yang tidak begitu penting (non-essential controller) seperti EIDE dan controller serial port. Ia mempunyai hanya satu “descrete
chip” dan boleh ditukarganti dengan chipset-chipset yang berbeda saja, contoh Sis 5513 Intel PIIX.
d.
BIOS
BIOS ( basic input output system) adalah
program bawaan yang ada pada komputer yang fungsinya untuk mengatur semua
peerangkat keras komputer. Perangkat keras tersebut antara lain keyboard, harddisk, CD-ROM, dan lain-lain. Fungsi BIOS adalah
menginisialisasi hardware yang
akan masuk pada system komputer secara
keseluruhan. BIOS biasa di sebut juga dengan firmware karena merupakan bagian
yang menyatu dari system perangkat keras.
Untuk mengoprasikan BIOS, yaitu
pada saat menyalakan komputer pertama kali kita akan menjumpai perintah untuk masuk
ke system BIOS. Perintah yang bisa digunakan, yaitu menekan tombol DEL “ press Del to enter set up” atau tombol lain yang diperintahkan.
Tenggang
waktu untuk kita masuk ke BIOS hanya diberikan beberapa detik saja, oleh karena
itu bila ingin masuk ke sistem, kita harus cepat menekan tombolnya.
e.
Process or
Process or sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali komputer
yang didukung oleh komponen lainnya. Process
or adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem
komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer. Process or terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan process or yang lain asalkan sesuai
dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat
besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan
kapasitas process or. Process or adalah chip yang sering
disebut “Microprosessor” yang
sekarangukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah
hitungan kecepatan process or dalam
mengolah data atau informasi. Merk process
or yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM,
IDT, dan Intel. Bagian dari Process or
Bagian terpenting dari process or
terbagi 3 yaitu :
1)
Aritcmatics
Logical Unit (ALU)
2)
Control
Unit (CU)
3)
Memory Unit (MU)
Fungsi
Process or dalam komponen komputer
sangat penting sekali, karena process or
merupakan pusat pengendali dan memproses kerja sebuah komputer. Process or sendiri pada umumya hanya
berfungsi untuk untuk memproses data yang di terima dari masukan atau input, kemudian akan menghasilkan
keluaran atau output. Cara kerja process or akan terus terhubung dengan
komponen komputer yang lainnya, terutama hardisk dan RAM. Fungsi Process or juga di gambarkan sebagai
otak dari sebuah komputer itu sendiri, di mana setiap data akan melalui process or mengeluarkan atau output yang sepatutnya. Process or juga dikenal sebagai Central Process ing Unit atau ringkasan CPU.
Process or hanya dapat mengenali
bahasa mesin yaitu dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja
yaitu 0 dan 1 (01010101) . Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat
elektronik di mana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik
dan bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.
f.
Heatsink
Heatsink adalah logam dengan design
khusus yang terbuat dari alumuniun atau tembaga (bisa merupakan kombinasi kedua
material tersebut) yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah process or. Sebuah komponen CPU yang
dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari aluminium,biasanya
dipadukan dengan pemakaian fan pada heatsink
untuk mengoptimalkan penyerapan panas yaitu dengan mengalirkan panas dari heatsink ke luar CPU, ini akan
meningkatkan performa kerja komputer.
Fungsi
heatsink adalah membantu proses
pendinginan sebuah process or.Secara
teknik, semakin luas permukaan perpindahan panas sebuah benda maka akan semakin
cepat proses pendinginan benda tersebut.
Cara kerja Heatsink
bekerja selama proses penghasilan panas pada komputer bekerja, jika perangkat
tersebut tidak bekerja/ menghasiklan panas maka heatsink tidak akan bekerja, heatsink
akan menerima panas dari process or
misalnya dari permukaan yang bersentuhan dengan process or lalu panas tersebut akan menyebar keseluruh bagian heatsink dengan sama rata besarnya
melalui sirip-sirip. panas yang telah menyebar tadi harus dibuang, yang
berfungsi untuk membuang panas adalah fan, fan akan menyemburkan udara keseluruh
bagian heatsink dan membuang seluruh
panas yang ada pada sirip-sirip tersebut.
g.
VGA
Card
VGA card
merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan
output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank.
VGA card sendiri ada yang berupa slot
tambahan ataupun bawaan produsen motherboard
atau disebut juga VGA onboard.
Bagian-bagiannya antara lain terdiri dari memory
dan kipas sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan gambar
ke monitor, hanya warna dan desain
yang berbeda, tergantung pihak manufaktur. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan
komponen VGA card yang panas, karena
bagian ini bekerja cukup berat setiap saat. VGA card yang terlihat diatas merupakan VGA tambahan, bukan on board
(tidak menyatu dengan motherboard).
Keuntungan VGA card non on board
adalah kita dapat dengan mudah menggantinya dengan yang baru apabila terjadi
kerusakan atau ingin meningkatkan performa grafis komputer kita.
h.
Sound
card
Sound card Atau yang
lebih kita kenal dengan Kartu suara adalah Suatu komponen yang terdapat dalam
PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card merupakan periferal yang
terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard,
yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input,
memproses dan menghantarkan data berupa suara. Seperti halnya VGA card, sound card pun memiliki beragam bentuk, macam dan jenis.
Sound card
memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer,
sebagai MIDI interface, pengonversi
data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi
data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari speaker). Dan biasanya terdapat pada
komputer-komputer yang bercirikan Multimedia.
i.
Jumper
Jumper pada sebuah
komputer adalah connector (penghubung) sirkuit elektrik yand digunakan
untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada suatu sirkuit. Jumper juga digunakan untuk melakukan
setting pada papan elektrik seperti motherboard
komputer. Jumper pada komputer biasanya digunakan pada Motherboard, Optical Disk, dan
pada beberapa VGA Card tertentu.
Tetapi karena penggunaannya lebih banyak pada Optical Disk.
1)
Jumper
clear CMOS
Jumper CMOS
biasanya terletak di dekat Baterai CMOS. Biasanya terdapat 3 kaki (pin) pada jumper ini. Fungsinya adalah untuk menyimpan
dan me-reset CMOS (sebuah IC program pada Motherboard) pada posisi default (Setting Awal/Pabrik). Biasanya
pada pin ke 1 dan 2 bila dihubungkan dengan sebuah Jumper maka CMOS pada
posisi normal akan menyimpan setiap settingan yang kita ubah pada CMOS/BIOS dan
bila Jumper kita ubah pada posisi 2 dan 3, maka komputer akan kembali
pada posisi default. Lalu untuk apa posisi default? Tentu saja, bila kita melakukan setting yang
salah terhadap CMOS/BIOS maka bila terjadi kesalahan yang mengakibatkan
komputer tidak bisa hidup, maka dengan melakukan Clear CMOS komputer akan
kembali ke posisi awal sebelum kita melakukan perubahan pada CMOS/BIOS. Begitu
pula Jumper Clear CMOS ini bisa digunakan bila komputer tidak bisa hidup
akibat kita lakukan perubahan pada hardware,
misalnya process or, tetapi karena CMOS/BIOS
anda telah menyimpan setting pada komputer yang lama dan tidak mampu
membaca process or yang baru saja
anda gantikan maka Jumper ini bisa anda gunakan.
2) Jumper Bus Clock/Bus Speed
Jumper
ini berfungsi untuk menyeting Bus Clock pada process or. Pada saat ini, hampir bisa dibilang jumper ini
jarang digunakan. Fungsi setting yang tadinya diatur oleh jumper sekarang
sudah dibuat outo atau bisa disetting lewat BIOS. Pada gambar disamping
ini adalah salah satu contoh dari komputer Pentium
I, yang terdiri dari Bus 50, 55, 60,
66 dan 75. Bus ini terdapat pada process or.
Disetiap Bus yang kita pilih, ada petunjuk mengenai penggunaan jumpernya.
3)
Jumper
Bus Ratio
Seperti halnya jumper Bus
Clock/FSB, jumper ini pun bisa dibilang sudah tidak dipergunakan
kembali. Jumper ini adalah ratio
perkalian dari process or. Misalnya process or Pentium I 133 MHz dengan Bus/FSB
66, maka rationya adalah 2x. Maka
kita melakukan setting sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada keterangan
baik di Motherboard maupun buku
manual.
4) Jumper VGA
Jumper ini
biasanya terdapat pada Motherboard
yang menyediakan VGA onboard beserta Slot VGA sebagai tambahan. Jumper, biasanya terdiri dari 3 kaki/pin
yang digunakan untuk memilih apakah yang digunakan VGA onboard nya atau
Slot VGA. Sama sepert jumper bus clock, jumper ini sudah jarang dipergunakan dan diganti dengan outo setting,
sehingga tanpa melakukan setting apapun, VGA akan memilih sendiri yang mana
yang dipergunakan.
j.
Socket/slot Processor
Socket/slot adalah
tempat dudukan processor pada motherboard. Dudukan ini berbentuk segi
empat dengan lubang-lubang kecil tempat tertancapnya kaki-kaki (pin-pin) processor yang tersusun membentuk
matriks 2 dimensi. Susunan, letak, dan jarak antar lubang sama persis dengan
susunan, letak, dan jarak antar pin-pin pada processor.
Istilah socket (nama lengkapnya
adalah soket CPU atau soket processor)
telah digunakan secara luas dalam dunia komputer untuk menggambarkan konektor
yang menghubungkan motherboard dengan
processor, khususnya untuk tipe
komputer desktop dan server. Processor yang dimaksud di sini terutama
processor berarsitektur Intel x86.
Banyak sekali ditemukan soket-soket pada motherboard yang diproduksi menggunakan arsitektur PGA (Pin Grid Array). Seperti telah
disinggung di atas, pada soket tersebut banyak lubang-lubang tempat
tertancapnya (diselipkannya) pin-pin atau kaki-kaki processor yang terletak di sisi bawah permukaan process or. Contoh soket yang
menggunakan arsitektur ini adalah:
1)
Soket 5 yang memiliki 296 pin CPGA (Ceramic Pin Grid Array).CPGA Processor yang didesain menggunakan sistem koneksi CPGA umumnya
berbentuk lempengan persegi. Salah satu permukaannya terbuat dari bahan keramik
(ceramic) tempat terpasangnya atau tertancapnya pin-pin processor. Bila processor
dipasang pada soket yang ada di motherboard,
pin-pin itulah yang masuk atau menyelip ke lubang soket yang tersedia.
Lubang-lubang soket didesain kompatibel dengan pin-pin processor baik jarak maupun ukuran lubangnya, sehingga setiap pin
bisa tepat terpasang masuk ke setiap lubang soket yang menjadi pasangannya.
Jumlah pin pada setiap jenis processor
belum tentu sama, bergantung varian processor
dan pabrik pembuatnya. Begitu pula jenis soketnya. Soket ini digunakan untuk processor AMD K5 SSA5.
2)
Soket A yang memiliki 462 Pin CPGA. Soket ini biasanya
digunakan oleh processor AMD K7
Thunderbird (Athlon Thunderbird). Sebenarnya process ornya sendiri memiliki 462 pin,
9 pin diantaranya tertutup (tidak ada), sehingga secara nyata hanya memiliki
453 pin. Inilah kekhususan dan tipe socket
A (462 Pin CPGA).
3)
Soket A (EV6) yang
memiliki 462 pin OPGA (Organic
Pin Grid Array). OPGA Processor yang didesain menggunakan sistem koneksi OPGA umumnya
berbentuk lempengan persegi, mirip seperti bentuk processor CPGA Salah satu permukaannya terbuat dari bahan plastik
organik (organic plastic) tempat
terpasangnya atau tertancapnya pin-pin processor.
Contoh processor AMD yang menggunakan soket ini adalah Athlon XP.
Contoh processor AMD yang menggunakan soket ini adalah Athlon XP.
Masih banyak
contoh-contoh processor AMD yang
menggunakan soket berarsitektur PGA.
Socket 296 berarti
dudukan processor tersebut memiliki
296 lubang. Dengan sendirinya socket
tersebut untuk dudukan processor yang
jumlah kaki atau pin-pin-nya sebanyak 296 pin. Begitu juga pengertian untuk
soket-soket berarsitektur PGA lainnya.
Dudukan processor pada motherboard tidak selalu berbentuk
soket, ada pula yang berbentuk slot, atau dapat dikatakan dudukan berbasis slot
(memang bentuknya lebih mirip slot ekspansi dari pada soket). Processornya sendiri dikemas menggunakan
dudukan berbentuk slot yang disebut single
edge connection. Contoh processor
AMD yang menggunakan dudukan berarsitektur slot ini, antara lain processor AMD K7 (Athlon Argon, Pluto, Orion dan Thunderbird). Nama slot-nya adalah
slot A.Selain jenis soket-soket tersebut, masih ada lagi jenis soket yang lain,
yaitu socket A (untuk processor AMD dengan jumlah pin 462),
Soket AM2 (untuk processor AMD dengan
jumlah pin 940), soket F dan lain-lainnya.
k.
Slot/socket memory
Soket
memory berfungsi untuk meletakkan
memori pada motherboard. Ada duatipe socket memori yang kiniberedar di
masyarakat. Memang ada juga socket
terbaru untuk Rambus-DRAM tetapi sampai kini belum banyak pengguna yang
memakainya. Socket lama yang masih
cukup popular adalah SIMM. Socket ini
terdiri dari 72 pin modul. Socket
yang kedua memiliki 168 pin modul, yang dirancang satu arah. Anda tidak mungkin
memasangnya terbalik, karenag alur di motherboard
sudah disesuaikan dengan socket
memori tipe DIMM.
l. Konektor
Floppy dan IDE
Konektor ini menghubungkan motherboard dengan piranti simpan komputer
seperti floppy disk atau harddisk. Konektor IDE dalam sebuah motherboard biasanya terdiri dari dua,
satu adalah primary IDE dan yang lain adalah secondary IDE. Konektor Primary
IDE menghubungkan motherboard dengan
primary master drive dan piranti secondary master. Sementara, konektor secondary IDE biasanya disambungkan
dengan piranti-piranti untuk slave seperti CDROM dan harddisk slave. Bagaimana menyambungkan pin dengan kabel ?Mudah
sekali. Pita kabel IDE memiliki tanda strip merah pada salah satu sisinya.
Strip merah tersebut menandai, sisi kabel berstrip merah ditancapkan pada pin
bernomor 1 dikonektornya. Bila menancap terbalik, piranti yang terpasang tidak
akan dikenali oleh komputer. Hal yang sama berlaku untuk menyambungkan kabel floppy dengan pin di motherboard.
m. Standby Power
LED
Led ini menyala jika terdapat standby power
di motherboard. LED ini bertindak
sebagai reminder (pengingat) untuk mematikan system power sebelum menghidupkan
atau mematikan mesin.
n.
Konektor
Mouse
Konektor 6 pin ini adalah untuk
menghubungkan mouse dengan komputer.
Konektor ini ada yang langsung terpasang pada motherboard dan ada pula yang tidak terpasang.
o. Port
Parallel dan Serial
Pada
tipe AT, port serial dan paralel
tidak menyatu dalam satu motherboard
tetapi disambungkan melalui kabel. Jadi, di motherboard
tersedia pin untuk menancapkan kabel. Fungsi port parallel bermacam-macam, mulai dari menyambungkan komputer
dengan printer, scanner, sampai dengan menghubungkan komputer dengan periferal
tertentu yang dirancang menggunakan koneksi port
paralel. Port serial biasanya
digunakan untuk menyambungkan dengan kabel modem atau mouse.Ada juga piranti lain yang bisa dicolokkan ke port serial. Dalam motherboard tipe ATX, port
parallel dan serial sudah
terintegrasi dalam motherboard,
sehingga Anda tidak perlu menancapkan kabel-kabel yang merepotkan.
p. RJ-45 Port
Port 25-pin ini menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network. Ada juga yang difungsikan untuk
menghubungkan PC dengan Modem
Eksternal.
q. Jack
Audio
Jack line
in (biru muda) menghubungkan ke tape player atau sumber audio lainnya. Pada
mode 6-channel, fungsi jack ini menjadai bass/tengah. Jack line out (lime) ini menghubungkan ke headphone atau speaker.
Pada mode 6-channel, fungsi jack ini menjadi speaker out depan. Jack mic (pink)
ini meghubungkan ke mikrofon. Pada mode 6-channel fungsi jack ini rear speaker
out belakang.
r.
USB
Port
USB
(Universal Serial Buss) digunakan
untuk menghubungkan perangkat USB.
s.
Port VGA
Port 15-pin ini adalah untuk VGA monitor atau VGA perangkat lain yang kompatibel dengan port ini.
t. Konektor Keyboard
Ada
dua tipe konektor yang menghubungkan motherboard
dengan keyboard. Satu adalah konektor
serial, sedangkan satu lagi adalah konektor PS/2. Konektor serial atautipe AT
berbentuk bulat, lebih besar dari yang model PS/2 punya, dengan lubang pin
sebanyak 5 buah. Sementara, konektor PS/2 memiliki lubang pin 6 buah dan
diameternya lebih kecil separuhnya dibanding model AT.
2.
Power supply
Power supply adalah perangkat keras
yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan,
misalnya motherboard, hardisk, kipas,
dan lain-lain. Input power supply berupa arus bolak- balik
(AC) sehingga power supply harus
mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputerhanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya
diletakan dibagian belakang atas casing.
Fungsi Power supply dalam komponen
komputer sangat vital, karena power
supply merupakan pembagi arus untuk semua perangkat khususnya motherboard. Power supply berfungsi untuk mengubah tegangan dari arus AC menjadi
tegangan DC, itu di karenakan hardware
di dalam komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Pengertian dari power supply
adalah sebuah perangkat yang terdapat di dalam CPU yang berfungsi untuk
menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan komputer. Fungsi power supply yang kurang baik/rusak
dapat menghasilkan tegangan DC yang
tidak rata dan banyak riaknya (ripple). Jika digunakan dalam jangka waktu yang
cukup lama akan menyebabkan kerusakan pada komponen komputer, misalnya Harddisk.
Cara kerja power supply tidaklah sesulit yang kita
lihat, kita hanya cukup menekan tombol power pada casing, yang terjadi adalah power
supply akan melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sistem start. Jika tes
telah sukses, power supply mengirim
sinyal khusus pada motherboard, yang
disebut power good. Jenis konektor kabel Power
supply :
No
|
Nama konektor
|
Fungsi
|
1.
|
Konektor 20/24 pin ATX Motherboard
|
Sebagai pemberi tegangan
untuk motherboard.
|
2.
|
Konektor ATX 4 pin
|
Sebagai pemberi tegangan
untuk Process or.
|
3.
|
Konektor 4 pin peripheral
power konektor
|
Sebagai pemberi tegangan untuk
periferal seperti Harddisk, CD-ROM,
Kipas.
|
4.
|
Konektor 4/8 pin 12V
|
Sebagai Pemberi tegangan untuk
motherboard server.
|
5.
|
Konektor 6-pin PCI-E
|
Sebagai pemberi tegangan untuk
kartu grafis jenis PCI-E.
|
6.
|
Konektor floppy
|
Seabagai pemberi tegangan untuk
floppydisk drive.
|
7.
|
Konektor SATA
|
Sebagai pemberi tegangan untuk
hardisk / optical drive berjenis
sata.
|
3.
Harddisk (HDD)
Pengertian Harddisk Komputer Harddisk adalah perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara
sistematis dimana menjadi media penyimpanan data. Data-data yang telah disimpan
di dalam perangkat harddisk tidak
akan hilang. Bahkan apabila pengguna mematikan perangkat komputer/laptop.
Dengan kata lain, harddisk memiliki
peran sebagai media penyimpanan yang bersifat permanen (data-data tidak akan
hilang atau terhapus).
Fungsi perangkat harddisk secara umum adalah untuk
menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop. Di
dalamnya, terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Dimana di
situlah setiap data dan informasi disimpan olehnya. Selain memiliki ruang
utama, harddisk juga mempunyai
komponen- komponen bagian. Adalah semacam ruang kecil yang terdiri atas direktori,
folder, subdirektori, serta subfolder, yang digunakan untuk
peletakan data dan informasi dari ruang utama harddisk.
4.
Disket/Floppy (FDD)
Disket
merupakan media penyimpanan luar yang berbentuk kotak dan biasa disebut dengan
istilah floppy. Di dalam kotak disket terdapat media kepingan magnetik
yang berbentuk lingkaran tipis yang merupakan inti dari floppy. Jenis-jenis floppy
terbagi menjadi tiga berdasarkan besar dari bentuknya, yaitu floppy 8 inch, flopy
inch, dan floppy
3
inch.
Generasi
terkhir floppy yang di pakai sampai
saat ini, yaitu floppy 3
inch, floppy
ini diperkenalkan pertama kalinya oleh sony. Disket dibaca dan ditulis menggunakan floppy disk drive (FDD)
yang terletak pada CPU. Kapasitas disket
yang ditulis paling umum adalah 1,44 MB.
FDD
ada juga yang bersifat external
digunakan untuk komputer portable,
contohnya laptop atau notebook. Port
yang digunakan dalam FDD external
menggunakan port USB sebagai
kepraktisannya.
5.
CD/DVD ROM
Perangakat
ini digunakan sebagai media baca dan tulis keping CD atau DVD. Sebenarnya
fungsinya sama seperti floppy drive atau card reader. Hanya saja, media simpan yang digunakan adalah keping
CD atau DVD.
Dirve CD
atau DVD, keduanya berbeda pada tipe keping media simpannya. Untuk membaca
keping CD digunakan CD-ROM, sedangkan untuk membaca keping DVD digunakan
DVD-ROM saja. Selain itu, drive DVD
juga dapat mengenali format keping CD.
Dilihat dari kemampuan baca
tulis, drive CD/DVD terdiri atas dua
jenis, yakni drive yang bisa membaca
data dan druve yang bisa menulis data ke dalam CD/DVD. Jenis drive
yang terakhir atau lebih dikenal dengan CD-RW atau DVD-RW ini juga dapat
digunakan untuk membaca data. Biasanya pada drive
CD/DVD tertera angka misalnya 52x32x52 CD-R/RWRead atau 16x-DVDROM. Pada drive CD, angka 52x berarti kecepatan
maksimal menulis data, 32x adalah kecepatan penulisan ulang, 52x yang terakhir
adalah kecepatan bacanya. Dan 16x adalah kecepatan baca pada keping DVD.
Angka-angka tersebut sebenarnya memiliki kecepatan akses tersendiri. Berikut
tabel kecepatan akses drive CD/DVD.
52x
|
7.800 KB/s
|
48x
|
1.200 KB/s
|
44x
|
6.600 KB/s
|
40x
|
6.000 KB/s
|
36x
|
5.400 KB/s
|
32x
|
4.800 KB/s
|
28x
|
4.200 KB/s
|
24x
|
3.600 KB/s
|
20x
|
3.000 KB/s
|
16x
|
2.400 KB/s
|
12x
|
1.800 KB/s
|
10x
|
1.500 KB/s
|
8x
|
1.200 KB/s
|
6x
|
900 KB/s
|
4x
|
600 KB/s
|
2x
|
300 KB/s
|
1x
|
15000 KB/s
|
Drive CD/DVD
biasanya dipasang di dalam casing CPU.
Namun, ada juga jenis drive CD/DVD
eksternal yang berisat portable. Drive CD/DVD external banyak digunakan pda notebook.
Koneksi drive CD/DVD jenis ini
umumnya menggunakan port parallel, USB, atau PCMCIA. Untuk
laptop, drive CD/DVD internal
bentuknya lebh ramping. Meski demikian, kemampuannya sama dengan drive CD/DVD pada PC.
6.
Casing
secara fisik,
komponen-komponen yang ada pada CPU terpisah-pisah walaupun ada yang
terintegrasi bersama motherboard,
antara lain RAM, VGA, Sound card, dan
NIC. Ada juga yang memisah
moterboard, antara lain floppy dan drive lainnya. Komponen-komponen
tersebut dipersatukan secara utuh atau dibungkus dengan benda yang disebut
dengan casing.
Casing merupakan media untuk
membungkus semua komponen PC menjad satu bagian yang utuh, kecuali perangkat
luar (mouse, keyboard, dan monitor).
Bentuk casing ada bermacam-macam
diantaranya adalah desktop, bentuk tower, dan bentuk barebone.
B.
Monitor
Seperti
layaknya TV, monitor merupakan alat keluaran dari komputer yang berperan yangat
penting. Betapa tidak, karena dari monitor
akan di tampilkan hasil yang telah diproses sebelum melalui komputer.
Monitor adalah
sebuah peranti yang bentuknya mirip televisi, dan menyajikan gambar yang dapat
dilihat oleh pengguna komputer, agar pengguna bisa tahu apa yang dikerjakan di
komputer. Monitor termasuk peranti output karena dari monitor pengguna bisa tahu informasi yang diberikan dari
komputernya.
Monitor itu banyak jenisnya dan sangat beragam bentuknya, yang tidak terlalu jauh beda dengan televisi. Di dalam dunia komputer ada yang disebut dengan istilah pixel, pixel ini adalah titik-titik kecil yang membentuk gambar yang ditampilkan dalam monitor, kependekan dari “picture elements”. Semakin tinggi resolusi monitor, detail gambar yang terlihat akan semakin detail.
Prinsip kerja monitor konvensional, monitor CRT (Cathode Ray Tube), sama dengan prinsip kerja televisi yang berbasis CRT. Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam. Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar.
Monitor itu banyak jenisnya dan sangat beragam bentuknya, yang tidak terlalu jauh beda dengan televisi. Di dalam dunia komputer ada yang disebut dengan istilah pixel, pixel ini adalah titik-titik kecil yang membentuk gambar yang ditampilkan dalam monitor, kependekan dari “picture elements”. Semakin tinggi resolusi monitor, detail gambar yang terlihat akan semakin detail.
Prinsip kerja monitor konvensional, monitor CRT (Cathode Ray Tube), sama dengan prinsip kerja televisi yang berbasis CRT. Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam. Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar.
Teorinya, untuk membentuk sebuah
gambar, sinar tadi menyapu sebuah garis horizontal dari kiri ke kanan,
menyebabkan pixel-pixel tadi berpendar dengan intensitas
cahaya sesuai dengan tegangan yang telah diatur. Proses tersebut terjadi pada
semua garis horizontal yang ada pada pixel
layar, dan ketika telah sampai ujung, sinar tersebut akan mati sementara untuk
mengulang proses yang sama untuk menghasilkan gambar yang berbeda. Makanya kita
dapat nonton objek yang seolah-olah bergerak di layar televisi atau monitor.
Pada masa awal-awal kelahiran teknologi televisi, para ilmuwan yang merancang televisi dan tabung gambar menemui hambatan teknis. Seperti yang kita tahu, TV zaman baheula belumlah secanggih sekarang, maksudnya belum mampu menampilkan detail gambar seperti sekarang.
Pada masa awal-awal kelahiran teknologi televisi, para ilmuwan yang merancang televisi dan tabung gambar menemui hambatan teknis. Seperti yang kita tahu, TV zaman baheula belumlah secanggih sekarang, maksudnya belum mampu menampilkan detail gambar seperti sekarang.
Dulu, lapisan yang berpendar dalam
tabung gambar kualitasnya tidak sebaik sekarang. Jadi kualitas pixel yang dihasilkan juga tidak
seoptimal sekarang. Kini, seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang
membutuhkan kualitas TV dan monitor
tabung yang lebih baik, untungnya kualitas lapisan berpendar dalam tabung monitor telah lebih baik.
Hasilnya diperoleh tabung gambar
yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi yang lebih tinggi. Wajar saja,
komputer banyak berurusan dengan teks, dan itu membutuhkan detil gambar yang tinggi. Sayangnya, teknologi monitor dengan tabung CRT ini ditengarai memiliki banyak pengaruh
buruk bagi kesehatan penggunanya. Sejumlah riset mengindikasikan bahwa ekspos
berlebihan monitor pada mata dapat
menyebabkan penurunan kualitas penglihatan. Hal ini disebabkan oleh radiasi
sinar elektron pada tabung gambar monitor
atau televisi tabung.
Tapi manusia menemukan teknologi
baru yang siap menggantikan tabung gambar sebagai alat tampilan visual. Yaitu teknologi LCD (Liquid Crystal Display), yang memungkinkan perampingan dimensi dan pemangkasan
bobot peranti display monitor. Selain
itu, teknologi yang satu ini disebut-sebut akrab bagi kesehatan penggunanya.
C. Keyboard
Keyboard adalah
Alat input yang digunakan untuk
mengetik informasi ke
dalam
komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam
komputer.
Penciptaan keyboard komputer diilhami
oleh penciptaan mesin ketik
yang
dasar rancangannya dibuat oleh Christopher
Latham tahun 1868 dan banyak
dipasarkan
pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard komputer
pertama
disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman
tulisan
jarak jauh (Teletype). Tahun
1946 komputer ENIAC menggunakan
pembaca
kartu pembuat lubang (punched card
reader) sebagai alat input dan
output.
Dalam penggunaan normal, keyboard digunakan untuk mengetik teks dan angka ke dalam pengolah
kata, teks editor atau program lainnya. Sedangkan pada komputer modern,
penafsiran dari tombol yang ditekan pada umumnya
diperintahkan
kepada perangkat lunak. Keyboard juga
digunakan untuk game
komputer,
baik dengan keyboard biasa atau
dengan menggunakan keyboard
dengan
fitur gaming khusus.
Fungsi keyboard
di sini memang penting sekali. Jika sebuah komputer
tidak
memiliki keyboard maka tentu sebagian
aplikasi atau software komputer
tidak
dapat berfungsi dengan baik atau bahkan tidak dapat digunakan.
Karena
banyak tombol di keyboard, tentu
tombol-tombol yang ada pada keyboard
tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini akan dijelaskan tentang
fungsi keyboard berdasarkan fungsi
tombolnya yaitu :
1. Fungsi
keyboard berdasarkan tombol ketik
yaitu dapat dipakai untuk kebutuhan mengetik atau meng-input data ke dalam suatu dokumen yang kemudian ditampilkan pada monitor komputer. Tombol ketik tersebut
berupa tombol dengan huruf atau angka yang tersusun pada keyboard.
2.
Fungsi keyboard berdasarkan tombol kontrol yaitu salah satunya dapat
menghasilkan suatu perintah tertentu jika digabungkan dengan tombol yang
lainnya. Seperti misalkan jika tombol kontrol (Ctrl) ditekan bersama sama
dengan tombol B maka ini merupakan perintah untuk menebalkan suatu huruf atau
angka.
3.
Fungsi keyboard berdasarkan tombol fungsi yaitu biasanya menyesuaikan dengan
aplikasi atau software yang sedang
dijalankan seperti misalkan tombol F1 jika ditekan maka akan memunculkan menu
bantuan (Help) sesuai dengan software yang dijalankan. Tombol fungsi
ini terdiri dari F1 sampai F12 yang tersusun secara berderet. Fungsi keyboard berdasarkan Tombol alternate yaitu seperti tombol enter berfungsi untuk memulai kembali
suatu paragraf baru saat mengetik atau untuk memilih suatu perintah tertentu
yang muncul pada aplikasi yang dijalankan pada komputer. Tombol Esc berguna
untuk meng-cancel suatu dialog
tertentu. Tombol Tab berfungsi untuk pemindahan suatu teks.
4.
Fungsi keyboard berdasarkan tombol navigasi seperti tombol Page Down yang berfungsi untuk men-scrool layar ke bawah. Tombol Page Up
untuk men-scrool layar ke atas. Tombol End
berguna untuk pemindahan letak cursor
ke bagian akhir baris. Tombol Left
berfungsi untuk pemindahan ke kiri dengan melangkahi 1 karakter. Tombol Tombol Right berguna untuk pemindahan cursor ke kanan dengan melangkahi 1
karakter dan lain sebagainya.
D.
Mouse
Mouse
adalah perangkat pengendali pergerakan cursor
atau pointer pada layar monitor
dengan menggerakkan/menggesernya pada permukaan datar. Mouse ini sangat penting dan banyak kegunaanya dalam menjalankan
komputer karena mouse ini diibaratkan
seperti tangan manusia yang memudahkan untuk menjalankan komputer, walaupun
terkadang perintah mouse dapat
dikerjakan oleh keyboard.
Jika
anda menggerakkan mouse, maka pointer
pada layar bergerak dengan arah yang sama. Pada mouse terdapat paling tidak 1 tombol, umumnya terdapat 2 tombol,
ada juga mouse dengan 3 tombol.
Tombol-tombol tersebut mempunyai fungsi yang berbeda tergantung pada program
aplikasi yang berjalan. Mouse saat
ini menyertakan roda penggulung (scroll wheel) untuk menggulung dokumen
yang panjang.
Adapun
istilah dalam mouse sebagai berikut:
1. Klik mouse: Menekan tombol kiri mouse
sebanyak 1 kali.
2. Double
Klik : Menekan tombol kiri mouse
sebanyak 2 kali dengan cepat.
3. Drag and
Drop: Menekan tombol kiri mouse sambil ditahan dan mengesernya sampai batas yang diinginkan
lalu melepas tombolnya kembali.
4. Klik Kanan: Menekan tombol kanan mouse
sebanyak 1 kali .
5. Scroll lock : Menggulung layar ke atas atau ke bawah
.
Dari sejak awal diperkenalkan, fungsi mouse tidak hanya sebagai penunjuk arah
saja, Tetapi, juga sudah berfungsi sebagai input
device. Oleh sebab itu, mouse sejak pertama kali diperkenalkan
sudah memiliki sebuah tombol. Waktu pertama kali, memang hanya ada satu tombol
yang melengkapinya. Namun kini seiring majunya teknologi pada mouse, tidak hanya tombol saja yang
bertambah pada mouse, ada beberapa
hal lain yang kini juga telah melengkapi mouse.
Di antaranya scroll button atau
tombol scroll, efek getar, dan masih
banyak lagi. Bahkan dari segi keamanan kini juga sudah banyak mouse yang dilengkapi dengan sidik jari.
Tombol yang ada pada mouse memiliki
berbagai macam fungsi. Untuk fungsi yang paling umum biasanya terletak pada
tombol di sebelah kiri. Sedangkan, untuk fungsi tambahan biasanya terletak
disebelah kanan. scroll mouse banyak dipergunakan untuk melihat
sebuah dokumen yang panjang ke bawah. Sedangkan tombol yang lebih banyak dari
itu umumnya sangat terasa manfaatnya bila sedang digunakan untuk bermain games.
Misalnya saja untuk mengganti senjata, untuk melihat peta, dan sebagainya. Mouse pada aplikasi permainan memiliki
fungsi yang tidak jauh berbeda dengan joystick.
Kadang sama seperti halnya joystick
yang dilengkapi dengan efek getar. Tidak hanya fasilitas yang beragam bentuk mouse juga sangat beragam. Mulai dari
yang sangat kecil (setengah besar telur ayam negeri) 12 sampai sangat besar
genggaman telapak tangan. Bahkan ada juga yang berbentuk sangat mirip
menyerupai joystick. Sebenarnya
apapun bentuk mouse harus disesuaikan
dengan kenyamanan penggunanya. Masih banyak perangkat lain yang dapat beralih
fungsi menjadi mouse atau dapat
dimanfaatkan sebagai mouse selain
fungsi yang lain. Contoh saja keypad. Dengan bantuan keypad Anda tetap dapat
membaca isi sebuah web dengan baik. Sedangkan bagi yang menggunakan notebook
atau laptop, Anda akan memiliki pilihan yang lebih luas. Karena umumnya sebuah
laptop atau notebook sudah dilengkapi dengan alat penunjuk pengganti mouse yang disebut touchpad atau disebut
juga pointer stick. Jika touchpad bentuknya seperti mousepad kecil dan letaknya di bawah keyboard, pointer stick bentuknya seperti tombol bulat kecil, letaknya
di tengah-tengah keyboard. Pointer
stick sangat umum terdapat pada laptop-laptop produksi IBM. Namun, bukan
berarti kehadiran mouse akan percuma
untuk notebook. Mouse atau tablet
terkadang masih dibutuhkan pada laptop atau notebook karena kebutuhaannya.
Sebab jika terlalu lama menggunakan pointer stick
atau touchpad dapat membuat tangan
Anda lebih cepat pegal dibandingkan dengan menggunakan mouse biasa. Meskipun hal ini bukan berarti menggunakan mouse tidak akan berdampak apa-apa bagi
kesehatan. Penggunaan mouse yang
tidak nyaman dapat membuat pergelangan tangan mengalami penderitaan yang cukup
lama
E.
Printer
Printer adalah perangkat keras (hardware)
dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan
perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan,
gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya. Printer itu sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak
dokumen penting baik itu perusahaan ataupun organisasi sekolah dan lain
sebagainya. Dengan demikian, kehadiran printer
tentu saja sangat membantu keseharian para pekerja kantoran dan pelajar serta
masyarakat lainnya yang memiliki keperluan mencetak suatu dokumen penting.
Fungsi Printer Komputer
Fungsi printer adalah untuk mencetak
tulisan, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau
sejenisnya. Adapun istilah resolusi pada printer
itu sendiri, yaitu DPI atau singkatan dari dot
per inch. Maksud dari istilah tersebut adalah banyaknya jumlah titik dalam
area yang memiliki luas 1 inci. Apabila semakin besar resolusi printer, maka bisa dipastikan hasil
cetakan juga akan semakin bagus. Dan sebaliknya, apabila resolusi printer yang diusungnya terbilang kecil,
maka hasil cetakan pun juga tidak terlalu bagus.
BAB IV
CARA KERJA KOMPUTER
Komputer merupakan sebuah alat elektronik yang mampu
melaksanakan tugas diantaranya adalah menerima input, memproses input
sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan,
sertamenyediakan output dalam bentu kinformasi.
Secara garis besar terbagi ke dalam
tiga golongan yaitu input, process , output.
A.
Input
Input yaitu Media yang digunakan untuk
memasukan data ke dalam process ,
media ini seperti Keyboard,Mouse,Tape recorder, HandyCam, CAM dan
lain-lainnya.
B.
Process
Process yaitu suatu alat yang digunakan untuk memproses
data dari Input yang nantinya akan di
keluarkan ke system Output. Process ini berperan penting dalam system Komputer.
Media untuk process yang sudah menjadi system yang utuh yaitu
biasa kita kenal dengan Mainboard atau sering disebut dengan Motherboard. dimana di dalam mainbord
ini sudah termasuk di dalamnya yaitu CPU (Central Process ing Unit), biasanya orang menyebut CPU itu adalah sudah
dalam satu kemasan beserta Casingnya
yang berbentuk kotak yang lengkap didalam nya. Sebenarnya jantung dari semua proces data itu terletak pada
inti yang bernama yaitu Process or, Process or ini merupakan komponen elektronika
yang sudah terprogram dengan rangkaian-rangkain logika di dalamnya. contoh process or misalnya Pentium 1, pentium 2,
sampai dengan pentium 4 dan yang
lebih populer sekarang ini pentium Core
2 duo atau core duo.
C.
Output
Output yaitu media keluaran dimana media
ini adalah untuk menampilkan hasil data dari proces tersebut, media Output ini berupa Printer, Plotter, dan
lain-lain.
DAFTAR
PUSTAKA
“Manfaat komputer”. 04 Desember
2014. http://dunovteck.wordpress.com/2009/10/28/fungsi-dan-manfaat-komputer/
“Cpu pengenalan hardware”. 04
Desember 2014. http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&ved=0CDcQFjAE&url=http%3A%2F%2Ffileserver.acehprov.go.id%2FTutorial%2Fkumpulan%2520PDF%2FEA-SGS-Pengenalan%2520Hardware.pdf&ei=tNaAVOjCG8uMuATsoIGYBQ&usg=AFQjCNFyehQqmP9z810u4NzSruWQjwGagw&sig2=joeUQdYfylTetz0bPmyDHg
“informasi lengkap komponen-komponen motherboard”. 04
Desember 2014. http://goresan-kecil-chara.blogspot.com/2011/10/komponen-komponen-pada-motherboad.html
”Pengertian dan fungsi
heatchink”. 04 Desember 2014. http://alexandro-tips.blogspot.com/2013/11/pengertian-dan-fungsi-heatsink-di.html
“Pengertian sound card”. 04 Desember 2014. http://indoplayer-indoplayer.blogspot.com/2009/10/pengertian-sound-card.html
“Pengertian socket processor”.
04Desember 2014. http://evaervina24.blogspot.com/p/blog-page_22.html
“Konektor floppy dan IDE”. 04
Desember 2014. http://tugas-komputerku.blogspot.com/2012/10/konektor-floppy-dan-ide.html
“pengertian, fungsi dan jenis
konektor pada power supply”. 04 Desember 2014. https://apriliyanfp.wordpress.com/2013/10/13/pengertian-fungsi-dan-jenis-konektor-power-supply.html
”Hardware proses CPU”. 05 Desember 2014http://kalitimbang.blogspot.com/2011/04/hardware-proses-cpu.html
“nama dan fungsi komponen motherboard”. 04 Desember 2014. http://laksamanalesmana.blogspot.com/2012/03/nama-dan-fungsi-komponen-motherboard.html#close
“Mouse”. 04 Desember 2014. http://komputeerisasiminfo.wordpress.com/2014/08/28/mouse.html
“makalah tentang keyboard”. 04
Desember 2014. http://khhoirullla6.wordpress.com/category/uncategorized.html
“Pengertian ddan fungsi printer”.
04 Desember 2014. http://solusikompi.blogspot.com/2014/09/pengertian-dan-fungsi-pinter.html
“Cara kerja komputer”. 05
Desember 2014. http://misbahss.blogspot.om/2010/cara-kerja-komputer.html
“Komponen-komponen kompuuter dan fungsinya”. 05 Desember
2014.http://yajidkomputer.blogspot.com/p/bagian-bagian-komputer-dan-fungsianya.html
“Pengertian dan fungsi harddisk”.
05 Desember 2014. http://ebookservicekomputer.blogspot.com/2013/06/hard-disk.html
0 komentar:
Posting Komentar